gambar kaligrafi dengan | 5 Ide Liburan Fantastis Untuk Gambar Kaligrafi Dengan Artinya

Bengkulu juga punya batik. Dalam bahasa daerah Bengkulu, batik ini disebut Besurek yang artinya bersurat.

gambarmania.website/wp-content/uploads/6/6/kal... - gambar kaligrafi dengan artinya
gambarmania.website/wp-content/uploads/6/6/kal… – gambar kaligrafi dengan artinya | gambar kaligrafi dengan artinya

Image Source:

Kaligrafi Bismillah Simple | Free Download Clip Art | Free Clip ... - gambar kaligrafi dengan artinya
Kaligrafi Bismillah Simple | Free Download Clip Art | Free Clip … – gambar kaligrafi dengan artinya | gambar kaligrafi dengan artinya

Image Source: clipart-library.com

6 Gambar Kaligrafi Al-Quran Yang Bisa Buat Hati Adem | Gambar Terbaru - gambar kaligrafi dengan artinya
6 Gambar Kaligrafi Al-Quran Yang Bisa Buat Hati Adem | Gambar Terbaru – gambar kaligrafi dengan artinya | gambar kaligrafi dengan artinya

Image Source: infogambar.com

Muhammad Ali Ridho - gambar kaligrafi dengan artinya
Muhammad Ali Ridho – gambar kaligrafi dengan artinya | gambar kaligrafi dengan artinya

Image Source: wordpress.com

Sebutan tersebut bukan tanpa alasan, melainkan karena sebagian motifnya dibuat dengan huruf Kaganga atau huruf asli Bengkulu, dan kaligrafi Arab.

Bahkan ada yang motifnya mengambil potongan ayat suci Al Quran. Namun, batik jenis ini tidak boleh sembarangan dipakai. Biasanya hanya dipergunakan sebagai pajangan atau keperluan adat saja.

Batik yang kini tampil khas dengan warna-warna terang punya sejarah yang menarik untuk ditilik.

“Pada abad 16 Islam sudah berkembang pesat di daerah Bengkulu, kebudayaan Islam sangat berpengaruh pada perkembangan seni budaya di Bengkulu, pengaruh luar masuk ke Bengkulu sejalan dengan datangnya pedagang bangsa India, China, Eropa dan Bangsa Arab,” jelas budayawan Bengkulu Alcala Zamora, dinukil Media

Ada pula yang menyebutkan bahwa awal mula batik besurek dimulai saat panglima Pangeran Diponergoro, Sentot Alibasyah hijrah ke Bengkulu bersama sanak saudara dan para pengikutnya.

Pemikiran ini muncul lantaran pada masa awal dulu, masyarakat Bengkulu yang pertama kali menggunakan dan membuat batik Besurek tak lain merupakan keturunan Sentot Alibasyah.

Dahulu, batik Besurek hanya dikenakan pada kesempatan tertentu seperti pada upacara-upacara adat. Misal, untuk pendamping pengantin pria, atau sebagai topi khas bengkulu kala prosesi pernikahan.

Batik Besurek juga digunakan saat prosesi siraman, bedabung, atau mengikir gigi pada pengantin perempuan. Selain itu juga dikenakan pada upacara perkawinan, atau menjadi sampiran pada bilik pengantin.

Menurut Muhardi dari Koleksi Konservasi dan Preparasi, UPTD Museum Negeri Bengkulu, bukan hanya pedagang Asing, seniman batik dari Demak juga merupakan salah satu faktor yang mendukung pesatnya perkembangan Batik Bengkulu kala itu.

Dari yang dulunya hanya digunakan untuk upacara adat atau menutup Alquran, batik Besurek juga digunakan sebagai pakaian.

Seiring perkembangan zaman, muncul batik Besurek modern yang berhiaskan huruf Arab tanpa memiliki makna ayat suci, sehingga dapat digunakan untuk acara sehari-hari.

Kain batik besurek. . . Batik besurek adalah batik khas Bengkulu yang bermotif kaligrafi Arab, biasanya batik besurek menjadikan kaligrafi Arab dan bunga Rafflesia (simbol khas Bengkulu) sebagai motifnya. Selain motif tersebut ada juga motif burung kuau, motif relung paku, dan motif rembulan. . . Dinamakan Besurek karena Besurek merupakan bahasa Bengkulu yang artinya bersurat atau tulisan. Jadi kain besurek adalah kain yang memiliki tulisan atau surat. . . Foto saya tersebut adalah kain besurek dengan motif kaligrafi Arab dan bunga Rafflesia. Di waktu saya SMP, pihak sekolah memasukkan kerajinan batik besurek sebagai salah satu mata pelajaran di sekolah kami. . . Setor lagi ke @UploadKompakan dengan tema “Kain Tradisional Indonesia” . . . . #UploadKompakan #ukkainkekunoan_jkt . . #batik #kainbatik #batikbesurek #Bengkulu #batikBengkulu #batikphotography #Indonesia #kainindonesia . . Taken by : #Vivo #Vivov5 #nofilter #noedit

A post shared by Novelia Elly Zani (@novelia_syahril) on Aug 21, 2017 at 5:36pm PDT

Umumnya, masyarakat Bengkulu mengenal tujuh jenis motif batik Besurek.

Dua motif utama adalah motif kaligrafi yang diambil dari huruf-huruf Arab dan batik bermotif padma raksasa khas Bengkulu.

Batik dari bumi

Ayat Ke Enam Surah Al Fatihah | Kaligrafi Nusantara - gambar kaligrafi dengan artinya
Ayat Ke Enam Surah Al Fatihah | Kaligrafi Nusantara – gambar kaligrafi dengan artinya | gambar kaligrafi dengan artinya

Image Source: wordpress.com