kaligrafi orang kristen
 | 7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kaligrafi Orang Kristen Hari Ini

kaligrafi orang kristen  | 7 Hal Yang Harus Anda Ketahui Tentang Kaligrafi Orang Kristen Hari Ini

Dua agama, satu tempat ibadah

Waspada Doa Kristiani Berbentuk Kaligrafi Arab - kaligrafi orang kristen
Waspada Doa Kristiani Berbentuk Kaligrafi Arab – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: googleusercontent.com

Istanbul tidak pernah kehabisan kisah. Ada banyak sejarah yang telah terjadi di sana. Salah satu kota metropolitan terbesar di dunia ini terus mencetak sejarah dengan berbagai kejadian-kejadian penting di dalamnya.

Dikutip dari situs esniklopedia Islam, Eslam, Banyak bangunan penting di Istanbul yang menjadi saksi bisu berbagai tragedi penting, baik yang membahagiakan maupun yang menyedihkan. Salah satunya adalah Hagia Sophia, sebuah bangunan yang menjadi simbol kejayaan masa Byzantium berabad-abad silam.

SEBUAH JALAN HIDUP: KALIGRAFI KRISTEN - kaligrafi orang kristen
SEBUAH JALAN HIDUP: KALIGRAFI KRISTEN – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: blogspot.com

Hagia Sophia dibangun sebagai sebuah gereja basilika pada tahun 360 masehi dan terbakar pada tahun 404 masehi saat terjadi pemberontakan di Istanbul yang kala itu masih bernama Konstantinopel. Pada masa pemerintahan Theodosius II Hagia Sophia kembali dibuka.

Orang-orang kristen ortodoks Yunani pun menjadikan Hagia Sophia sebagai tempat ibadah mereka sampai akhirnya Konstantinopel dikuasai Roma tahun 1204-1261. Relief-relief suci kaum ortodoks Yunani pun dipindahkan dan berganti dengan patung-patung keagamaan kristen katolik Roma. Sampai berakhirnya kekuasaan bangsa katolik Roma, Hagia Sophia menjadi gereja terbesar di dunia.

Perebutan tahta dan keinginan untuk menguasai suatu wilayah tampaknya tidak hanya terjadi sekarang, melainkan sejak zaman dahulu. Letaknya yang strategis yang berada di dua benua, Asia dan Eropa serta dikelilingi tiga lautan sekaligus yaitu Selat Bosphorus, Laut Marmara dan Selat Tanduk Emas menjadikan banyak orang memiliki hasrat yang kuat untuk menaklukkan Konstantinopel.

KOMUNITAS WARGA KRISTEN : KALIGRAFI kRISTEN - kaligrafi orang kristen
KOMUNITAS WARGA KRISTEN : KALIGRAFI kRISTEN – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: blogspot.com

Konstantinopel yang digadang-gadang memiliki benteng kokoh tak tembus serangan musuh akhirnya ditaklukkan oleh Sultan Al Fatih atau yang lebih dikenal dengan Sultan Mehmet II dari bangsa Osmani pada 29 Mei 1453. Sejak saat itu pula Hagia Sophia menjadi milik Osmani.

Sultan Mehmet II kemudian menggelontorkan dana yang tidak sedikit untuk mengubah Hagia Sophia menjadi sebuah masjid. Namun, dia tetap menghargai apa yang telah dibangun bangsa terdahulu. Patung Bunda Maria dan patung-patung lainnya tidak serta merta dihancurkan, melainkan dibiarkan begitu saja.

KALIGRAFI KRISTEN BUKTI KRISTEN AGAMA PENIPU CUIHHHH !! – Muslim ... - kaligrafi orang kristen
KALIGRAFI KRISTEN BUKTI KRISTEN AGAMA PENIPU CUIHHHH !! – Muslim … – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: wordpress.com

Sejak berakhirnya kekuasaan Osmani dan berganti menjadi Republik Turki pada tahun 1923, penguasa Turki saat itu, Mustafa Kemal Atatürk, Hagia Sophia dialihfungsikan menjadi sebuah museum yang terbuka untuk umum.

Mozaik-mozaik lambang agama kristen yang tadinya ditutup dan dipindahkan pun dikembalikan seperti semula. Jadilah Hagia Sophia seperti masjid dan gereja dalam satu bangunan dan ruangan.

Saat ini, Hagia Sophia menjadi salah satu atraksi wisata paling populer yang banyak dikunjungi wisatawan dari seluruh dunia. Saat masuk ke ruangan utamanya, kamu akan takjub dengan pemandangan kaligrafi arab bertuliskan Allah dan Muhammad. 

Lagi lagi Kaligrafi Kristen beredar, Ummat Islam Mesti Hati Hati ... - kaligrafi orang kristen
Lagi lagi Kaligrafi Kristen beredar, Ummat Islam Mesti Hati Hati … – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: blogspot.com

Khulafaurrasyidin dan kedua cucu Rasulullah Hasan dan Husain berdampingan dengan patung Bunda Maria dan malaikat agama Kristen, serta patung-patung milik umat kristiani lainnya. Tengadahkan sejenak kepalamu keatas dan lihat betapa megahnya empat kubah yang baru dibuat pada masa Osmani setelah Hagia Sophia dijadikan masjid.

Dari lantai satu, lanjutkan perjalanan ke lantai dua. Jalan yang harus kamu lalui menuju

Kaligrafi Doa Bapa Kami oleh Thomas Sembiring - Kompasiana.com - kaligrafi orang kristen
Kaligrafi Doa Bapa Kami oleh Thomas Sembiring – Kompasiana.com – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: kompasiana.com

Yabunayya,,, Ihtaris... !!!! ~ SMAIT AL USWAH SURABAYA - kaligrafi orang kristen
Yabunayya,,, Ihtaris… !!!! ~ SMAIT AL USWAH SURABAYA – kaligrafi orang kristen | kaligrafi orang kristen

Image Source: blogspot.com

Incoming search terms: