kaligrafi islami indah | 4 Kaligrafi Islami Indah yang Jalannya Terlalu Jauh

Inilah tujuh masjid megah nan cantik yang menjadi kebanggaan Dubai.

Derita Melawan Teori: Kaligrafi - Kaligrafi Islami - kaligrafi islami indah
Derita Melawan Teori: Kaligrafi – Kaligrafi Islami – kaligrafi islami indah | kaligrafi islami indah

Image Source: blogspot.com

4 Kaligrafi Islami Al Quran dan Hadits Free Download - kaligrafi islami indah
4 Kaligrafi Islami Al Quran dan Hadits Free Download – kaligrafi islami indah | kaligrafi islami indah

Image Source: masbadar.com

Kumpulan Kaligrafi Paling Indah Penuh Seni | Gloobest - kaligrafi islami indah
Kumpulan Kaligrafi Paling Indah Penuh Seni | Gloobest – kaligrafi islami indah | kaligrafi islami indah

Image Source: umy.ac.id

Dream – Sebagai kota dengan populasi manusia terbesar di Uni Emirat Arab, Dubai sangatlah patut untuk dikunjungi. Dubai memiliki jutaan turis setiap tahunnya karena daya tarik arsitektur, perbelanjaan, serta gaya hidupnya yang modern.

Dalam hal arsitektur, Dubai juga memiliki beberapa masjid megah yang cantik, seperti di bawah ini.

1. Al Farooq Omar Bin Khattab Mosque

Nama masjid ini terinspirasi dari Umar Bin Khattab, salah satu teman Nabi Muhammad yang diberi julukan Al-Farooq. Dibangun sejak tahun 1986, masjid ini telah mengalami dua kali renovasi pada tahun 2003 dan 2011. Setelah melakukan renovasinya yang kedua, masjid ini menjadi masjid paling besar di Dubai, dan mampu menampung sekitar 2.000 jamaah.

Masjid ini seringkali dijuluki dengan sebutan ‘Blue Mosque’ karena arsitekturnya yang terinspirasi dari Blue Mosque, salah satu masjid di Istanbul, Turki. Gaya arsitekturnya merupakan perpaduan dari gaya Ottoman dan Andalusian. Al Farooq merupakan masjid ketiga di Dubai yang terbuka untuk semua kalangan, termasuk non-muslim, dan disertai dengan tur harian, kecuali hari Jumat.

2. Grand Mosque

Apabila kamu sedang jalan-jalan ke area Bur Dubai, Grand Mosque tidak boleh terlewat untuk dikunjungi. Terletak di seberang jalanan Dubai Museum, masjid ini merupakan masjid tertua di Dubai dan merupakan sentra budaya dan agama bagi kaum muslim di Dubai.

Awalnya, masjid ini dibangun sebagai madrasah untuk anak-anak di tahun 1900. Namun, bangunan dihancurkan pada tahun 1960 dan direnovasi sekitar tahun 1998. Walaupun begitu, struktur bangunannya tidak banyak berubah sejak lebih dari 100 tahun. Masjid ini memiliki menara seperti mercusuar yang didesain oleh arsitektur Anatolia dan merupakan menara tertinggi di kota. Para non-muslim tidak dapat masuk ke dalam masjid, namun diperbolehkan menikmati pemandangan kota di sekitar masjid dari atas menara.

3. Jumeirah Mosque

Satu lagi pesaing masjid cantik di Dubai, masjid ini terletak di daerah Jumeirah. Dibangun pada tahun 1976, gaya arsitekturnya dipengaruhi dengan gaya Fatimid. Masjid Jumeirah diklaim sebagai ikon Kota Dubai yang paling banyak difoto, karena diramaikan dengan lampu warna-warni saat malam harinya.

Bagian dalam masjid menampilkan desain warna pastel, kaligrafi Islami, dan lampu gantung raksasa berwarna emas. Masjid ini terbuka untuk umum, dan menyediakan tour beserta para tour guide.

4. Iranian Mosque

Masjid ini merupakan masjid Iranian yang paling terkenal kedua di Dubai karena nilai budaya dan arsitekturnya. Terletak di distrik Bur Dubai, masjid ini memiliki gaya arsitektur Persia. Kubah masjidnya memiliki dekorasi keramik Persia dengan background berwarna biru dan motif bunga. Hijau, kuning, dan merah merupakan warna-warna utama yang dapat kamu temukan dalam masjid ini, termasuk kaligrafi Alquran yang tersebar di dalam masjid.

5. Al Salaam Mosque

Kalau kamu sedang mencari masjid di area Al Barsha, masjid ini sangat boleh untuk dikunjungi. Terletak

Kumpulan Gambar Kaligrafi Islami | Gambar Aneh Unik Lucu - kaligrafi islami indah
Kumpulan Gambar Kaligrafi Islami | Gambar Aneh Unik Lucu – kaligrafi islami indah | kaligrafi islami indah

Image Source: wordpress.com