kaligrafi dengan pensil warna
 | Tujuh Alasan Wisatawan Cinta Kaligrafi Dengan Pensil Warna

kaligrafi dengan pensil warna  | Tujuh Alasan Wisatawan Cinta Kaligrafi Dengan Pensil Warna

6  Contoh Gambar Kaligrafi Pensil Terbaik [6] | DP BBM - kaligrafi dengan pensil warna
6 Contoh Gambar Kaligrafi Pensil Terbaik [6] | DP BBM – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: seputargambar.com

Rentang waktu yang lama itu di antaranya karena krisis finansial. Bahkan, proyek sempat dijeda. Bagaimanapun, semangat solidaritas kaum Muslim di sana terbilang tinggi. Dalam satu bulan, uang sebesar 1 juta rubel mulai terkumpul sehingga proyek ini dapat kembali diteruskan. Demikianlah sampai pada 1996 Masjid Raya Nizhnekamsk sempurna.

Para pengunjung dapat memasuki kompleks masjid ini melalui dua gerbang utama. Satu untuk jamaah laki-laki, sedangkan yang lain untuk perempuan. Sekilas, Masjid Raya Nizhnekamsk tidak seperti masjid yang biasa dijumpai di negeri-negeri mayoritas Muslim.

Sebab, tidak ada kubah yang melingkupi bagian atasnya. Di Rusia, kubah memang termasuk ciri bangunan rumah- rumah ibadah bukan hanya Islam, melainkan Kristen Ortodoks. Tidak sedikit masjid di Rusia yang atapnya berbentuk konvensional yakni limas.

Gambar Kaligrafi Dengan Pensil Warna Dp Bbm - Gambar - kaligrafi dengan pensil warna
Gambar Kaligrafi Dengan Pensil Warna Dp Bbm – Gambar – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: kalimantanpers.co.id

Bagaimanapun, Masjid Raya Nizhnekamsk memiliki atap yang terbilang unik. Atap masjid ini berwarna hijau-gelap. Bentuknya cenderung landai. Bentuk bangunan utamanya juga menyerupai kubus yang terpotong di bagian atasnya. Ini menyebabkan jendela-jendela besar pada setiap sisi masjid ini memiliki tinggi yang berbeda-beda.

Di setiap sudut bangunan utama ini terhampar koridor yang mengarah pada menara-menara yang menjulang bagaikan pensil raksasa. Pada menara sisi barat dan timur terdapat kaligrafi lafazh Allah dan Nabi Muhammad SAW di dekat pucuknya. Dengannya, orang-orang yang awam gaya bangunan Rusia dapat mengenali tempat ini sebagai masjid.

Belajar Cara Menggambar Kaligrafi (Bagian 6) - YouTube - kaligrafi dengan pensil warna
Belajar Cara Menggambar Kaligrafi (Bagian 6) – YouTube – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: ytimg.com

Hiasan kaligrafi juga terdapat di dinding luar dekat pintu-pintu utama masjid ini. Tampilan menara-menara Masjid Raya Nizhnekamsk agaknya mengikuti gaya arsitektur Ottoman. Seperti halnya atap, bagian pucuk setiap menara ini juga berwarna hijau-gelap. Secara ke seluruhan, masjid ini didominasi warna krem. Hamparan rumput tumbuh asri di sekitar rumah ibadah tersebut.

Bagian dalam masjid ini tidak kalah indahnya. Pada dindingnya terdapat lampu tempel yang ditenagai listrik. Warna dinding ini putih dan semakin tampak cerah pada siang hari lantaran pantulan sinar matahari. Sajadah panjang yang melapisi lantai berwarna cokelat muda.

Bagian mihrabnya menjorok ke luar. Di sana terdapat lengkung yang dihiasi kaligrafi dengan pola-pola yang meniru tanaman menjalar. Warna latarnya cokelat keemasan, sehingga tampak selaras dengan kaligrafi hitam itu. Imam atau khatib menyampaikan ceramahnya di atas mimbar bertangga.

kaligrafi - kaligrafi dengan pensil warna
kaligrafi – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: blogspot.com

Komunitas Muslim Tatarstan kebanyakan menganut mazhab Hanafi. Menu rut seorang tokoh lokal, dilansir situs resmi MRB RT, Masjid Raya Nizhnekamsk selalu padat kegiatan-kegiatan dakwah dan pendidikan. Fokusnya antara lain membangun ikatan yang kuat di antara mereka, khususnya kalangan generasi muda.

Apalagi, masjid ini dilengkapi dengan madrasah yang bukan hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama Islam, melainkan juga pengetahuan umum. Demikian pula

Pensil Teraut: Lomba Kaligrafi tingkat SMP - kaligrafi dengan pensil warna
Pensil Teraut: Lomba Kaligrafi tingkat SMP – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: googleusercontent.com

Kaligrafi Air | deZhim blog of design - kaligrafi dengan pensil warna
Kaligrafi Air | deZhim blog of design – kaligrafi dengan pensil warna | kaligrafi dengan pensil warna

Image Source: blogspot.com