gambar kaligrafi maulid nabi
 | Apakah Gambar Kaligrafi Maulid Nabi Masih Relevan?

gambar kaligrafi maulid nabi  | Apakah Gambar Kaligrafi Maulid Nabi Masih Relevan?

Berbicara tentang Masjid yang satu ini memang tiada habisnya, sampai-sampai wisatawan yang ke datang ke Aceh umumnya tidak sempurna jika belum datang dan melihat langsung Masjid Baiturrahman. Ada banyak kisah menarik di balik keberadaan masjid megah ini.

Maulid Nabi Muhammad SAWW | MTS YAPAN BLOG - gambar kaligrafi maulid nabi
Maulid Nabi Muhammad SAWW | MTS YAPAN BLOG – gambar kaligrafi maulid nabi | gambar kaligrafi maulid nabi

Image Source: wordpress.com

Referensi Maulid Nabi Muhammad SAW | M.ASYROFI FADLLY - gambar kaligrafi maulid nabi
Referensi Maulid Nabi Muhammad SAW | M.ASYROFI FADLLY – gambar kaligrafi maulid nabi | gambar kaligrafi maulid nabi

Image Source: blogspot.com

Sejarah Asal-Muasal Kemunculan Peringatan Maulid Nabi | pwmu.co - gambar kaligrafi maulid nabi
Sejarah Asal-Muasal Kemunculan Peringatan Maulid Nabi | pwmu.co – gambar kaligrafi maulid nabi | gambar kaligrafi maulid nabi

Image Source: i1.wp.com

Masjid yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam ini sempat dibakar saat agresi Belanda tahun 1873. Hingga akhirnya dibangun kembali oleh pasukan Belanda pada tahun 1877.

Menarikya lagi kisah hantaman tsunami yang menghantam Masjid ini pada 26 Desember 2004 silam. Keberadaannya tetap kokoh dan banyak orang yang selamat setelah masuk dan berlindung di dalam Masjid Baiturrahman ini.

Namun di balik kisah-kisah tersebut, yang tidak kalah menarik adalah perubahan wujud Masjid Baiturrahman ini dari masa ke masa.

Empat tahun setelah Masjid Raya Baiturrahman itu terbakar, pada pertengahan shafar 1294 H/Maret 1877 M, dengan mengulangi janji jenderal Van Sweiten dan sebagai permintaan maaf juga untuk meredam kemarahan rakyat Aceh maka Gubernur Jenderal Van Lansberge menyatakan akan membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman yang telah terbakar itu.

Kerajaan Belanda membangun kembali Masjid Raya Baiturrahman pada saat Sultan Muhammad Daud Syah Johan Berdaulat masih bertahta sebagai Sultan Aceh yang terakhir.

Pernyataan ini diumumkan setelah diadakan permusyawaratan dengan kepala-kepala negeri disekitar Kota Banda Aceh. Di mana disimpulkan bahwa pengaruh Masjid sangat besar kesannya bagi rakyat Aceh yang 100% beragama Islam. Janji tersebut dilaksanakan oleh Jenderal Mayor Jenderal Karel Van Der Heijden selaku gubernur militer Aceh pada waktu itu dan tepat pada hari Kamis 13 Syawal 1296 H/9 Oktober 1879 M, diletakan batu pertamanya yang diwakili oleh Tengku Qadhi Malikul Adil.

Masjid Raya Baiturrahman ini selesai dibangun kembali pada tahun 1299 H dengan hanya memiliki satu kubah. Pada tahun 1935 M, Masjid Raya Baiturrahman diperluas bagian kanan dan kirinya dengan tambahan dua kubah. Perluasan ini dikerjakan oleh Jawatan Pekerjaan Umum (B.O.W) dengan biaya sebanyak F. 35.000,- (tiga puluh lima ribu gulden) dengan pimpinan proyek Ir. M. Thahir dan selesai dikerjakan pada akhir tahun 1936 M.

Usaha perluasan dilanjutkan oleh sebuah panitia bersama yaitu Panitia Perluasan Masjid Raya Kutaraja. Dengan keputusan menteri tanggal 31 Oktober 1975 disetujui pula perluasannya yang kedua dan pelaksanaannya diserahkan pada pemborong NV. Zein dari Jakarta. Perluasan ini bertambah dua kubah lagi dan dua buah menara sebelah utara dan selatan. Dengan perluasan kedua ini Masjid Raya Baiturrahman mempunyai lima kubah dan selesai dekerjakan dalam tahun 1967 M.

Dalam rangka menyambut Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Nasional ke-XII pada tanggal 7 s/d 14 Juni 1981 di Banda Aceh, Masjid Raya Baiturrahman diperindah dengan peralatan, pemasangan klinkers di atas jalan-jalan dalam pekarangannya. Perbaikan dan penambahan tempat wudu dari porselin dan pemasangan pintu krawang, lampu chandelier, tulisan kaligrafi ayat-ayat Al-Qur’an dari bahan kuningan, bagian kubah serta

Hukum Merayakan Maulid Nabi SAW | indraelbekhasi - gambar kaligrafi maulid nabi
Hukum Merayakan Maulid Nabi SAW | indraelbekhasi – gambar kaligrafi maulid nabi | gambar kaligrafi maulid nabi

Image Source: wordpress.com