cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim | Mengapa Anda Harus Mengalami Cerita Kaligrafi Pada Makam Maulana Malik Ibrahim Setidaknya Sekali Dalam Seumur Hidup Anda

Wali Songo adalah para tokoh yang berjasa besar menyebarkan Islam di Pulau Jawa. Di bulan Ramadan ini mengapa tak coba sesuatu yang luar biasa seperti road trip menelusuri jejak sembilan wali ini.

Wali Songo adalah penyebar agama Islam di Tanah Jawa pada abad ke-14. Para Wali Songo ini tersebar di tujuh wilayah di pantai utara Pulau Jawa, yaitu Surabaya, Gresik, Lamongan, Demak, Kudus, Muria, dan Cirebon.

Sunan pertama adalah Sunan Gresik. Sunan ini berada di Gresik, Jawa Timur. Selanjutnya adalah Sunan Ampel di Surabaya, Sunan Bonang di Tuban, Jawa Timur.

Berjalan ke Kudus, Anda bisa menapaki jejak Sunan Kudus. Belum selesai, Wali Songo masih ada di Gresik, yaitu tempat Sunan Giri. Setelah itu barulah ada Sunan Kalijaga, Sunan Muria, dan Sunan Gunung Jati makamnya terletak di Cirebon.

Disusun detikTravel, Kamis (18/6/2015) dengan asumsi Anda berangkat dari Jakarta, perjalanan bisa dimulai dengan mengarah ke Cirebon. Di sana, nanti bisa melihat Makam Sunan Gunung Jati dan Masjid Sunan Gunung Jati yang berdekatan.

Bangunannya yang berwarna putih dan banyak pernik keramik China menampilkan sisi akulturasi yang tak kalah menarik. Selanjutnya bisa mengarah ke Semarang dan Demak.

Di Demak, Anda bisa menengok ke Makam Sunan Kalijaga yang berada di Desa Kadilangu. Meski di desa kecil, namun makam ini tak pernah sepi peziarah lho!

Berlanjut ke Kudus di mana Anda bisa menengok dua makam sekaligus yaitu Sunan Kudus dan Sunan Muria. Untuk makam Sunan Muria ada di lereng Gunung Muria, tepatnya di Desa Colo, Kecamatan Dawe. Sedangkan Sunan Kudus dimakamkan di lingkungan Masjid Menara Kudus karena ia meninggal saat menjadi imam salat Subuh di masjid tersebut.

Tujuan selanjutnya adalah Tuban di mana Anda bisa bertemu dengan makam Sunan Bonang. Kemudian bisa lanjut ke Makam Sunan Drajat yang ada di Lamongan. Mengarah ke Gresik, ada 2 makam sunan yang bisa didatangi yaitu Sunan Maulana Malik Ibrahim dan Sunan Giri.

Makin jauh ke timur Jawa, kini lanjutkan perjalanan ke Surabaya. Di sana, Anda bisa berziarah ke Makam Sunan Ampel yang berada di sebelah barat Masjid Ampel. Di sinilah akhir perjalanan religi Anda di bulan yang suci ini. Jadikan traveling bukan untuk bersenang-senang saja ya!

aroengbinang - cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim
aroengbinang – cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim | cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim

Image Source: blogspot.com

Hasil-Hasil kebudayaan Islam di Indonesia | Pendidikan 5 Detik - cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim
Hasil-Hasil kebudayaan Islam di Indonesia | Pendidikan 5 Detik – cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim | cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim

Image Source: blogspot.com

KALIGRAFI PENINGGALAN ISLAM DI INDONESIA | Pesantren Seni Rupa dan ... - cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim
KALIGRAFI PENINGGALAN ISLAM DI INDONESIA | Pesantren Seni Rupa dan … – cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim | cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim

Image Source: blogspot.com

Syeikh Maulana Malik Ibrahim | Pusaka Jawatimuran - cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim
Syeikh Maulana Malik Ibrahim | Pusaka Jawatimuran – cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim | cerita kaligrafi pada makam maulana malik ibrahim

Image Source: wordpress.com